Jumat, 14 Januari 2011

BENTENG SPEELWIJK YANG HISTORIK & UNIK




Benteng Speelwijk terletak di kampung Pamarican dekat Bandar Pabean, sekitar 600 meter di sebelah barat laut Keraton Surosowan, wilayah Serang – Banten. Benteng ini berdenah persegi panjang tidak simetris, dan pada setiap sudutnya terdapat bastion. Tembok benteng ini masih utuh tetapi sebagian sudah mengalami perusakan.

Benteng ini didirikan pada tahun 1585 oleh Belanda di atas reruntuhan sisi utara tembok keliling kota Banten. Di bagian luar benteng terdapat parit buatan yang mengelilinginya.

Bagian dalam Benteng Speelwijk terdiri dari beberapa ruangan, hanya sebagian saja dari ruangan-ruangan ini yang masih tersisa, selebihnya hanya sisa-sisa pondasi yang tersusun atas batu bata.




Untuk memasuki ruangan-ruangan di dalam benteng Speelwijk, orang terlebih dahulu harus melalui lorong sempit yang berkelok. Ruangan yang sampai kini masih tampak utuh adalah ruangan di sisi barat daya benteng, berukuran 4x6 m dengan dua lubang angin berbentuk segi empat tepat dibagian atap. Ruangan ini diduga dahulu merupakan penjara (?).




Di bagian kiri depan ruangan ini terdapat satu ruangan lagi berukuran 1x2m, ruangan ini diduga semacam sel khusus. Ada dua buah gerbang berbentuk lengkung di dinding sisi utara. Berikut adalah gambar gerbangnya.



.di bagian sisi dalam tembok utara terdapat undakan berupa anak tangga untuk menuju ke atas tembok benteng. Berikut gambar dari undakan tangga tersebut.




Nama yang diberikan pada benteng Belanda ini adalah nama untuk menghormati Gubernur Jenderal Cornellis Janszzon Speelman yang bertugas antara tahun 1681 sampai dengan tahun 1684.

Tempat ini memiliki nilai historis yang cukup tinggi. Karenanya tidak jarang tempat ini dijadikan sebagai tempat pembuatan film, foto pernikahan, Study tour untuk mengenal sejarah,dan lain-lain. Selain itu ada hal unik yang juga terdapat di tempat ini, yaitu adanya tembok berjalan di bagian atas dinding benteng yang bisa dilewati melalui bagian atas benteng bagian utara. Uniknya adalah ketika kita berjalan di bagian atas dinding benteng itu seakan-akan temboknya berjalan dan membuat kita sedikit pusing.Berikut adalah gambar dari tembok berjalan.